Jumat, 28 Februari 2014

Sekilas Ulasan tentang Kelompok Bermain


           KB (kelompok Bermain). sering kali ada orang yang bertanya apa sih itu KB??? sekilas tentang KB sebagai berikut:

          Pengertian Kelompok Bermain 
    Kelompok bermain adalah salah satu bentuk satuan PAUD yang menyelenggarakan program bagi anak usia 2-4 tahun, dan dapat melayani anak hingga usia 6 tahun jika di lokasi yang sama belum tersedia layanan TK/RA.
Prinsip-prinsip pendidikan Kelompok Bermain
a.       Berorientasi pada kebutuhan anak
b.      Sesuai dengan perkembangan anak
c.       Sesuai dengan keunikan setiap individu
d.      Kegiatan belajar dilakukan melalui bermain
e.       Pembelajaran berpusat pada anak
f.       Anak sebagai pembelajar aktif
g.   Anak belajar dari yang konkrit ke abstrak, dari yang sederhana ke yang kompleks, dari gerakan ke verbal dan dari diri sendiri ke sosial.
h.      Menyediakan lingkungan yang mendukung proses belajar
i.        Merangsang munculnya kreatifitas dan inovasi
j.        Mengembangkan kecakapan hidup anak
k.      Menggunakan berbagai sumber dan media belajar yang ada di lingkungan sekitar
l.        Anak belajar sesuai dengan kondisi sosial budayannya.
m.    Melibatkan peran serta orang tua
n.      Stimulasi pendidikan bersifat menyeluruh yang mencakup semua aspek perkembangan. 


 Komponen penyelenggaraan KB
a.       Kurikulum
Kurikulum merupakan seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajran untuk mencapai tujuan pendidikan.
b.      Peserta didik
Peserta didik KB adalah anak usia 2-4 tahun. Apabila di lokasi tersebut tidak terdapat Taman kanak-Kanak, Kb dapat melayani juga usis 4-6 tahun dengan pengelompokan 4-5 tahun dan 5-6 tahun.
c.       Tenaga pendidik dan kependidikan
Pendidik pada KB terdiri atas guru dan guru pendamping. Tenaga kependidikan terdiri atas pemilik, kepala sekolah, pengelola, petugas administrasi dan petugas kebersihan.
d.      Sarana dan prasarana
Standar sarana dan prasarana meliputi kelengkapan, dan kualitas fasilitas yang digunakan dalam menyelenggarakan proses penyelenggaraan KB.
e.       Pengelolaan
Pengelolaan menyangkut beberapa hal antara lain: data anak dan perkembangannya, data lembaga, administarasi keunan dan program, alat bermain, media pembelajaran dan lain-lain.
f.       Pembiayaan
Pembiayaan meliputi jenis, sumber dan pemanfaatan serta pengawasan dan pertanggungjawaban dalam penyelenggaraan dan pengembangan KB.
g.      Kemitraan
Kemitraan meliputi: meningkatkan layanan kesehatan, gizi makanan, dan pengasuhan.
h.      Penilaian
Penilaian merupakan proses pengumpulan dan pengelolaan informasi untuk menentukan tingkat pencapaian anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar